Dampak Internet Pada Pertumbuhan Sosial/Ekonomi di Indonesia




Teknologi internet pada jaman sekarang ini menjadi teknologi yang sangat penting bagi dunia komunikasi. Akses yang mudah serta murah menjadi daya tarik tersendiri untuk menggunakannya. Berikut ada beberapa dampak internet yang mempengaruhi perekonomian di Indonesia.



Ada dampak positif dan negatif dari berkembangnya internet di Indonesia bagi sektor ekonomi, yaitu:
Dampak positif :
1. Berkembangnya Online Business (E-commerce)
Tidak bisa dipungkiri bahwa sekarang bisnis online sudah marak dan dapat dengan mudah kita temui. Penyebabnya adalah mudahnya akses dan cost yang tidak besar untuk memulainya. Seperti hal nya menggunakan media sosial sebagai tempat berjualan, seperti instagram, facebook, twitter, dll. Dengan melalui media sosial, kita tak perlu mengeluarkan uang untuk membeli/ menyewa tempat agar dapat memulai suatu bisnis. Dan lagi produk yang akan dijual bisa kita foto dan upload ke media sosial tersebut sehingga orang lain dapat melihatnya. Untuk daftar nya pun tidak dikenakan biaya apa pun. Karena itulah sekarang ini banyak sekali orang yang berjualan melalui media sosial. Modal yang diperlukan adalah adanya confidence antara pembeli dan penjual.
2. Mudah mencari pekerjaan
Selain online business, situs-situs job finder menjadi suatu hal yang mudah kita temui dalam dunia internet. Dengan adanya situs pencari pekerjaan tersebut, orang yang mau bekerja dapat dengan mudah memasukkan lamaran pekerjaannya secara online. Kita tak perlu berkeliling kantor untuk melamar pekerjaan, cukup upload cv dan data diri pada situs job finder lalu tinggal menunggu balasan dari perusahaan tersebut. Dengan begitu, para pencari pekerjaan bisa dengan mudah memilih pekerjaan yang diinginkannya sesuai dengan keahliannya masing-masing.
3. Akses Bank Online
Internet banking atau online banking adalah salah satu terobosan terbaru dari pihak bank di indonesia untuk mempermudah transaksi antara nasabah bank. Dengan adanya internet banking tersebut, sangat mendukung untuk para pengusaha online business. Kita dapat mengecek mutasi rekening, melakukan transfer, cek saldo, dll. Dengan begitu transaksi jual beli pun menjadi lebih mudah. Ini pula faktor yang mendukung terjadinya online business di Indonesia.
4. Mendukung kegiatan perusahaan
Yap, internet dapat mendukung kegiatan suatu perusahaan, contohnya dengan adanya email atau electronic mail. Perusahaan dapat dengan cepat mengumpulkan informasi dari pegawainya, yang berada jauh di luar kota sekalipun. Selain email, dengan adanya mesin pencari dapat memudahkan suatu perusahaan untuk menemukan informasi pasar yang mereka inginkan, mendapatkan inspirasi untuk membuat produk baru, dan meng iklan kan produknya. Perusahaan pun dapat mengefisiensikan biaya seperti mengurangi penggunaan kertas, dan juga bisa mengamankan dokumen penting nya menggunakan jasa cloud storage.
5. Mendukung kegiatan pemasaran
Kegiatan pemasaran ini sangat diperlukan bagi para pengusaha kecil maupun perusahaan besar. Dengan adanya internet, kegiatan pemasaran menjadi lebih mudah dan tentunya murah. Untuk menayangkan suatu iklan di televisi, kita memerlukan biaya milyaran rupiah. Namun meng iklan di internet bisa kita dapatkan dengan biaya murah, mulai dari $1 bahkan gratis. Bagaimana caranya? kita bisa menggunakan jasa google advertising, ataupun jasa iklan di media sosial, dan juga melalui pop up pada situs tertentu. Bahkan kita bisa mempromosikan bisnis kita pada media sosial dengan gratis.
Akses yang mudah, biaya yang murah. Itulah kenapa internet dapat mendukung kegiatan perekonomian, bukan hanya di Indonesia namun di seluruh dunia. Selain ada dampak positif, tentu ada dampak negatifnya.
Dampak negatif :
1. Meningkatnya angka kriminalitas
Kriminalitas di sini berbeda dengan di dunia nyata. Dengan akses yang mudah, para penipu dunia maya pun menjadi marak untuk melakukan aksi kejahatannya. Dengan menggunakan blog, seseorang pura-pura berjualan dan menipu orang yang awam dalam dunia internet. Tidak dapat dipungkiri, sudah banyak sekali kasus penipuan yang terjadi melalui jual beli dalam dunia maya. Untuk mengatasinya, kita perlu mencari info lebih lanjut tentang penjualnya sebelum kita akan bertransaksi dengannya. Dan juga kita bisa menggunakan jasa pihak ketiga, seperti inapay.com dan masih banyak lagi.
2. Terjadinya pengangguran bagi tenaga kerja yang tidak mempunyai kualifikasi yang sesuai dengan yang dibutuhkan
Selain mudah untuk mencari pekerjaan, internet pun dapat menyebabkan bertambahnya pengangguran. Dengan mudahnya akses ke situs job finder, tenaga kerja yang tidak sesuai akan terbuang begitu saja tergantikan dengan tenaga kerja yang lebih berkualitas. Persaingan menjadi semakin ketat, kalah bersaing=menganggur. Ya, itulah dunia pada jaman sekarang ini, siapa yang berkualitas dialah yang berpotensi untuk maju lebih depan.
Demikian lah dampak positif dan negatif dari internet. Sebetulnya dampak positif tersebut dapat kita kurangi kalau kita mau berpikir lebih jauh lagi. Susah untuk mendapat pekerjaan yang sesuai? ya manfaatkan saja online business. Manfaatkanlah internet sebaik mungkin, karena internet bagaikan pisau tajam yang bilamana kita menggunakannya dengan benar maka akan berdampak positif, namun bila salah maka akan melukai diri sendiri.

No comments:

Post a Comment