4.3. Ruang Publik Digital Internet dan Ponsel



Seperti yang kita ketahui ruang publik (public sphere) merupakan suatu wadah dimana masyarakat yang mempunyai tujuan yang sama dapat membagi pengalaman mereka untuk memecahkan suatu masalah pribadi maupun kelompok. Untuk lebih jelas lagi akan saya jelaskan dibawah.

Ruang publik adalah Areal atau tempat dimana suatu masyarakat atau komunitas dapat berkumpul untuk meraih tujuan yang sama, sharing permasalah baik permasalah pribadi maupun kelompok. Areal ini dapat berupa ruang dalam dunia nyata (Real Space) ataupun dunia maya (Virtual Space).

Digital berasal dari kata Digitus, dalam bahasa Yunani berarti jari jemari. Apabila kita hitung jari jemari orang dewasa, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu Digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Dapat disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).

Ruang Publik Digital yang dimaksud adalah Virtual Space, dimana kita berbicara atau membahas suatu masalah dalam media sosial, misalnya dalam grup kelas di Line, kita bisa membahas semua masalah pelajaran.




Sumber :

No comments:

Post a Comment