Tugas New Media Pembuatan CD Interaktif


Membuat Media Pembelajaran Mobile Learning


Mobile Learning merupakan model pembelajaran yang dilakukan antar tempat atau  lingkungan dengan menggunakan teknologi yang mudah dibawa pada saat pembelajar  berada pada kondisi mobile/ponsel. Dengan berbagai potensi dan kelebihan yang  dimilikinya, Mobile Learning diharapkan akan dapat menjadi sumber belajar alternatif  yang dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses dan hasil belajar peserta didik di Indonesia di masa dating

Penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dalam dunia pendidikan terus berkembang dalam berbagai strategi dan pola, yang pada dasarnya dapat dikelompokkan ke dalam sistem e-Learning sebagai bentuk pembelajaran yang memanfaatkan perangkat elektronik dan media digital, maupun mobile learning (m-learning) sebagai bentuk pembelajaran yang khusus memanfaatkan perangkat dan teknologi komunikasi bergerak.
kapanpun.

Mobile Learning didefinisikan oleh Clark Quinn (Quinn 2000) sebagai : “The intersection of mobile computing and e-learning : accessible resources wherever you are, strong search capabilities, rich interaction, powerful support for effective learning, and performance-based assessment. E-Learning independent of location in time or space”. Berdasarkan definisi tersebut maka mobile learning merupakan model pembelajaran yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi. Pada konsep pembelajaran tersebut mobile learning membawa manfaat ketersediaan materi ajar yang dapat di akses setiap saat dan visualisasi materi yang menarik.

Istilah M-Learning atau Mobile Learning merujuk pada penggunaan perangkat genggam seperti PDA, ponsel, laptop dan perangkat teknologi informasi yang akan banyak digunakan dalam belajar mengajar, dalam hal ini kita fokuskan pada perangkat handphone (telepon genggam). Tujuan dari pengembangan mobile learning sendiri adalah proses belajar sepanjang waktu (long life learning), siswa/mahasiswa dapat lebih aktif dalam proses pembelajaran, menghemat waktu karena apabila diterapkan dalam proses belajar maka mahasiswa tidak perlu harus hadir di kelas hanya untuk mengumpulkan tugas, cukup tugas tersebut dikirim melalui aplikasi pada mobile phone yang secara tidak langsung akan meningkatkan kualitas proses belajar itu sendiri.



1.    Buat materi pembelajaran di software aplikasi Ms. Powerpoint

-      Sebagai contoh buatlah materi yang akan disajikan sebanyak 3 slide

Slide 1   : berisi tentang biodata penyaji, berikut sisipkan sebuah instrumen musik
 


  
Slide 2   : berisi materi materi,



 

  
Slide 3   : berikut sisipkan sebuah file video



 

  
-      Simpan materi powerpoint tersebut dengan nama file misanya “bahan mobile learning”

2.    Buka google lalu Search Convert PPt to DVD

-     Untuk memulai membuat media pembelajaran berbasis mobile/hp terlebih dahulu harus meng-Convert ppt tadi kedalam bentuk mp4.



  

-         Klik tombol select file untuk menyisipkan file PowerPoint yang sudah dibuat sebelumnya.






 
  
-          Lalu pilih format video setting, misalnya HD Video - MP4. 




 


-   Selanjutnya kilik tombol Convert untuk memulai export file powerpoint manjadi media pembelajaran berbasis mobile/handphone yang diinginkan. Tunggu sampai proses export selesai.



 
  
-    maka jadilah file mobile learning yang bisa diakses melalui handphone, smartphone dan tablet.

 
Maka Hasilnya Akan Seperti Ini:








Pembuat
Iman Ade Pratama
Rizal Habib
Salman Mahdi

No comments:

Post a Comment